Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknologi Pendidikan, Yuk Kita Simak!

Kelebihan dan kekurangan jurusan teknologi pendidikan

Dracula Blog - Perlu kalian ketahui, mengambil jurusan yang berhubungan dengan pendidikan tidak selalu harus menjadi guru, beragam posisi dalam dunia kerja dapat kamu tempati di bidang pendidikan. Pada zaman millenial ini kita tidak bisa terlepas dari pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang semakin memudahkan perkerjaan manusia. Bagi kamu yang menyukai jurusan pendidikan dan juga tidak mau ketinggalan perkembangan teknologi, kamu bisa memilih jurusan teknologi pendidikan.

Prodi ini berfokus pada pemanfaatan teknologi dan pengembangan kurikulum, prodi teknologi pendidikan merupakan generasi yang akan menciptakan dan mengembangkan kurikulum 2013 membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan diimbangi dengan pemanfaatan teknologi modern.

Keterampilan khusus yang dimiliki sarjana teknologi pendidikan seperti mampu mengembangkan dan evaluasi kurikulum, mampu melakukan perencanaan pengelolaan, dan implementasi. Lalu apakah jurusan teknologi pendidikan memiliki kekurangan dan kelebihan? Mimin yakin setiap jurusan atau prodi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini mimin mau berbagi informasi mengenai kekurangan dan kekurangan jurusan dan teknologi pendidikan.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknologi Pendidikan

Kelebihan Jurusan Teknologi Pendidikan

Berikut beberapa kompetisi yang diperoleh semasa masa pendidikan :
  • Broadcasting merupakan kompetisi yang dimiliki oleh mereka lulusan TP. Dengan broadcasting kita dapat mengembangkan diri menjadi seorang penulis atau terjun ke dunia jurnalistik, dimana kita mempunyai peluang menjadi reporter dalam acara televisi swasta maupun nasional. Peluang lainnya dari broadcasting adalah kita dapat membuat sebuah rumah produksi atau bisa juga bekerjasama dengan rumah produksi terkenal untuk membuat siaran radio pendidikan, disamping pengembangan radio lulusan TP juga bisa menjadi produser dalam pembuatan film pendidikan entah itu berskala daerah ataupun nasional.
  • Sebagai pakar kurikulum, dimana kita bisa merancang dan dapat mengembangkan kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai lulusan prodi teknologi pendidikan kita memiliki peluang untuk bekerja di dinas pendidikan yakni perancang dan pengembang kurikulum.
  • Dapat menciptakan model belajar terbuka dan jarak jauh, dimana pengajar dan peserta didik tidak harus bertemu secara langsung, namun dengan kompetensi lulusan TP mampu menciptakan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran efisien dan tepat sasaran tanpa harus bertatap muka.

Kelemahan atau Kekurangan Jurusan Teknologi Pendidikan

 Salah satu kekurangan dari jurusan teknologi pendidikan adalah kesulitan mencari kerjaan yang sesuai jurusan, rata-rata lulusan prodi teknologi pendidikan menjadi pengangguran seminim-minimnya 3 bulan. Saran dari mimin bagi para fresh graduate program studi teknologi pendidikan rajin-rajinlah mengirim lamaran ke semua penjuru, ambil posisi sesuai kemampuan atau skill yang dimiliki, kalau masih belum dapat coba cari pengalaman kerja di dekat rumahmu sebagai batu loncatan.

Kesimpulan 

Kompetisi yang nantinya akan dimiliki oleh tiap lulusan Teknologi Pendidikan(TP) tidak hanya dibidang TIK saja, namun para lulusan tersebut menguasai beberapa konsentrasi ilmu seperti broadcasting, kurikulum, dan jaringan komputer. Dengan berbagai ketrampilan diluar TIK, lulusan jurusan teknologi pendidikan mampu mengatasi dan menjawab permasalahan didalam kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013.
Dosen KW Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Teknologi Pendidikan, Yuk Kita Simak!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel